Monday, January 18, 2021

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda


Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau disingkat Tahura Djuanda merupakan salah satu kawasan konservasi yang terkenal di Bandung. Tahura Djuanda juga menjadi destinasi wisata alam yang sangat seru dan menarik, karena punya beberapa spot wisata unik. 


Tahura Djuanda berada disekitaran aliran Sungai Cikapundung dan DAS Citarum yang mengalir dari area Curug Dago hingga Curug Maribaya. Tahura menjadi tempat wisata alam murah yang selalu dipadati pengunjung saat akhir pekan atau momen libur panjang.


Tempat Wisata di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda


1. Curug Dago



Curug Dago merupakan salah satu Curug terkenal yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda dan Curug Dago berada diatas ketinggian 800 mdpl. Tinggi air yang meluncur di Curug Dago sekitar 12 meter dan curug ini terbentuk akibat adanya letusan Gunung Tangkuban Perahu di jaman dulu.


Curug Dago memiliki aliran air yang sangat jernih dan Curug ini menawarkan keindahan alam yang memukau, sehingga sangat rekomended untuk dikunjunggi.


2. Curug Omas



Hutan Raya Juanda tidak hanya memiliki Curug Dago, namun juga memiliki Curug Omas yang tidak kalah indahnya. Curug Omas memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan curug ini memiliki kedalaman air sekitar 10 meter.


Curug Omas merupakan sebuah curug yang dihasilkan dari pertemuan 2 aliran sungai sekaligus yaitu aliran Sungai Cigulun dan Cikawari. Curug Omas sudah terbilang populer, karena sudah banyak wisatawan luar daerah yang sengaja berkunjung.


3. Tebing Keraton



Tebing Keraton merupakan sebuah tebing bersejarah yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir Juanda Bandung dan tebing ini memiliki ketinggian sekitar 1200 mdpl. Tebing Keraton memberikan sajian pemandangan hijau yang sangat luas dan indah.


Tebing Keraton juga sangat populer di Sosial Media, karena banyak pengunjung yang berfoto dan membagikan aktivitasnya di sosial media. 


4. Gua Belanda



Kawasan Taman Ir Juanda Bandung juga memiliki 2 buah gua bersejarah yaitu Gua Belanda dengan Gua Jepang. Letak Gua Belanda sangatlah mudah untuk ditemukan, karena berada sekitar 500 meter dari pintu masuk menuju Tahura.


Gua Belanda menjadi salah satu spot wisata yang bisa dikunjunggi saat memasuki kawasan Taman Hutan Juanda dan lokasi gua, para pengunjung bisa melakukan aktivitas berfoto. 


5. Gua Jepang



Gua Jepang merupakan gua yang sangat berdekatan dengan Gua Belanda, karena hanya 300 meter lokasinya dari Gua Belanda. Gua Jepang memang bentuknya terbilang unik, karena memiliki empat pintu masuk dan memiliki 2 lubang penjagaan.


Gua Jepang juga menjadi gua bersejarah yang masuk dalam kawasan Taman Ir H Juanda dan dengan berkunjung ke gua Jepang, maka pengunjung bisa menemukan berbagai spot unik.


Lokasi & Tiket Masuk Tahura


Tahura Djuanda berlokasi di Kompleks Tahura yaitu di Jalan Insinyur Haji Juanda No.99, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tahura hanya berjarak 7 km dari pusat Kota Bandung, sehingga lokasinya terbilang strategis.


Tiket Masuk Tahura hanyalah Rp 12.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 76.000 per orang untuk wisatawan asing. Untuk parkir kendaraan di Tahura yaitu Rp 5.000 per motor dan Rp 10.000 per mobil.


Bagi anda yang ingin wisata di Bandung dan ingin mengunjunggi beberapa tempat wisata keren, maka anda bisa manfaatkan momen promo Paket Wisata Bandung. Tunggu apalagi, buruan explore Bandung dan nikmati berbagai spot keren yang ada kawasan sekitaran Bandung.


Itulah bahasan lengkap mengenai Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dan semoga semua bahasan yang ditampilkan dalam artikel dapat bermanfaat untuk para pembaca.










No comments:

Post a Comment