Monday, January 11, 2021

Museum Perjuangan Rakyat Bandung

Museum Perjuangan Rakyat Bandung

Museum Perjuangan Rakyat Bandung adalah salah satu museum legendaris yang ada di Jawa Barat dan menjadi museum yang menandakan perjuangan rakyat Jawa Barat. Museum Perjuangan Rakyat Bandung berada di area Monumen Perjuangan Rakyat atau Monju.


Monju menjadi monumen yang pertama kali diresmikan pada 23 agustus 1995 oleh Raden Nana Nuriana yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Dalam area Monju, terdapat sebuah museum tersembunyi yang menyimpan banyak cerita sejarah tatar Pasundan.


Sejarah Monumen Perjuangan Rakyat Bandung


Monju merupakan salah satu monumen terbesar yang ada di Indonesia dan monumen ini sangat populer di kalangan masyarakat Bandung. Monju terletak di Jalan Dipati Ukur No.48, Kota Bandung. Monju juga berada di lokasi yang strategis, karena berada di depan Kampus Universitas Padjajaran dab Gedung Sate.


Monju dibangun di area yang terbilang luas yaitu sekitar 72.040 m² dan Monju dibangun dengan luas bangunan sekitar 2.143 m². Monju juga memiliki desain yang unik, karena bentuknya menyerupai bambu runcing dengan gaya arsitektur yang lebih modern. 


Museum Perjuangan Rakyat Bandung


Museum Perjuangan Rakyat Bandung


Bagi anda yang ingin Wisata Museum di Bandung, tentu anda jangan melewatkan untuk berkunjung ke Museum Perjuangan Rakyat Bandung. Ada beberapa hal bisa anda temukan dengan berkunjung ke museum.


1. Mengenal Peristiwa Bersejarah


Museum di Bandung memang sangatlah banyak dan setiap museum memiliki cerita sejarah yang berbeda-beda. Dengan berkunjung ke Museum Perjuangan Rakyat Bandung, maka anda bisa mengenal berbagai peristiwa sejarah pada masa pemberontakan dan penjajahan.


Peristiwa Bersejarah yang dihadirkan dalam Museum Kota Bandung ini seperti peristiwa rakyat Bandung yang membumi hanguskan daerahnya, supaya tidak bisa direbut lagi oleh para penjajah dan peristiwa ini terkenal dengan sebutan peristiwa Bandung Lautan Api. 


2. Mengenal Bangunan Bersejarah


Dengan berkunjung ke Museum Sejarah Bandung, maka anda bisa mengenal berbagai bangunan bersejarah. Bangunan bersejarah yang paling populer seperti Gedung Denis atau Bank Jabar, Gedung Asuransi Jiwa Sraya dan berbagai gedung lainnya.  


3. Mengenal Para Pahlawan


Museum Perjuangan Rakyat menjadi salah satu Museum Gratis di Bandung yang bisa dikunjunggi oleh siapa saja. Dengan berkunjung ke museum, maka anda bisa mengenal berbagai pahlawan yang berjasa dalam perjuangan di berbagai bidang.


Tak hanya pahlawan pria yang ditampilkan di museum, namun ada juga bagian yang menceritakan berbagai tokoh perempuan yang berperan dalam perjuangan jaman dulu.


4. Mengenal Tentara Nasional Indonesia


Museum Bersejarah di Bandung juga menceritakan berbagai sejarah yang berkaitan dengan Tentara Nasional Indonesia atau disingkat TNI. Dulunya TNI bernama Badan Keamanan Rakyat atau BKR, kemudian diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat atau TKR dan pada tahun 1947 diubah menjadi TNI. Tak hanya soal nama lembaga yang diubah, namun seragamnya juga diubah. 


BACA JUGA : Jalan Asia Afrika Bandung


5. Mengenal Diorama


Wisata Museum Bandung memang selalu memberikan pengetahuan baru untuk para pengunjungnya dan salah satunya pengetahuan mengenai Diorama. Setidaknya ada 7 Diorama yang diperlihatkan dalam Museum Perjuangan Rakyat Bandung dan setiap Diorama menceritakan cerita sejarah yang berbeda-beda.


Diorama Konfrensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955 menjadi salah satu Diorama yang populer di kalangan masyarakat Jawa Barat. Tak hanya itu, ada juga Diorama Bandung Lautan Api yang terjadi pada 24 Maret 1946.


Sekian bahasan lengkap mengenai Museum Perjuangan Rakyat Bandung dan semoga semua bahsannya bermanfaat untuk para pembaca.  




No comments:

Post a Comment