Saturday, January 9, 2021

Jalan Asia Afrika Bandung

Jalan Asia Afrika Bandung menjadi salah satu kawasan yang cukup populer, karena dipenuhi dengan berbagai tempat wisata keren dan murah. Asia Afrika menjadi salah satu elemen penting dalam pembentukan Kota Bandung.


Kini, kawasan Asia Afrika sudah semakin modern dan berkelas dengan berbagai elemen berkualitas. Tidak hanya hadirkan cerita sejarah yang fenomenal, namun kawasan Asia Afrika juga terkenal dengan berbagai wisatanya yang murah meriah.


Sejarah Jalan Asia Afrika



Konferensi Asia Afrika atau KAA sempat diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18 April sampai 24 April 1955 dan nama Jl Asia Afrika terinspirasi dari penyelenggaraan KAA tersebut. Pada saat adanya KAA, jalan sekitaran gedung dipadati masyarakat Indonesia yang menyambut kehadiran tamu dari berbagai negara.  


Jalan Asia Afrika Bandung memang selalu ramai hingga sekarang, karena menyajikan berbagai spot foto yang berkualitas. Pada tahun 1955, gedung tempat penyelenggaraan KAA dinamai dengan Gedung Merdeka dan gedung tersebut diabadikan menjadi salah satu gedung bersejarah KAA di Bandung.


Pada tahun 1970-an, Gedung Merdeka sepat terbengkalai dan tidak terawat dan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, gedung tersebut diresmikan sebagai Museum Konferensi Asia Afrika pada tanggal 24 April 1980.


Pengelolaan museum dilakukan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Adanya museum menjadi salah satu daya tarik wisata sejarah yang ditawarkan kawasan Asia Afrika.


Tak hanya Museum KAA saja yang ada di Asia Afrika, karena banyak juga museum bersejarah lainnya. Tempat Bersejarah di Bandung yang ada ada juga seperti Museum Pos & Giro, Museum Geologi dan Museum Mandala Wangsit Siliwangi. 


Jalan Asia Afrika Bandung juga menyediakan berbagai wisata kuliner yang nikmat dengan harga yang terjangkau. Anda juga bisa mengunjunggi beberapa tempat wisata seru dan keren yang ada disekitaran Jl Asia Afrika.


Tempat Wisata Populer di Sekitaran Jalan Asia Afrika


1. Titik Nol Bandung


Titik Nol menjadi salah satu Tempat Wisata Bersejarah di Bandung yang berada di kawasan Asia Afrika. Titik Nol berada tepat di depan gedung Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat. Tugu Titik Nol sangat berkaitan dengan sejarah berdirinya Kota Bandung dan tugu ini mulai diresmikan pada tahun 2004 oleh Danny Setiawan selaku Gubernur Jawa Barat. 


Kawasan Titik Nol juga lebih keren dengan penambahan patung tokoh penting seperti Ir. Soekarno, HW Daendels, Soetardjo Kartohadikusumo dan RA Wiranatakusumah II. Tempat ini banyak dikunjunggi oleh para pelajar yang melakukan study tour, baik yang berasal dari Bandung atau luar Bandung.   


2. Alun-Alun Bandung


Alun-Alun Bandung adalah tempat wisata gratis yang ada di area Jalan Asia Afrika dan menjadi tempat wisata yang mengalami banyak perubahan dari segi desain. Tepat di depan alun-alun, ada Masjid Agung Bandung yang merupakan salah satu Tempat Bersejarah Bandung.


Sejak hadirnya Wali Kota Ridwan Kamil, Alun-Alun diubah menjadi tempat yang sangat keren dan modern. Penambahan rumput sintetis membuat Alun-Alun Bandung menjadi lokasi yang cocok untuk bermain dan bersantai. Bahkan, sudah banyak pengunjung dari luar daerah atau luar negeri yang sengaja merasakan liburan di area Alun-Alun Bandung.


Tempat wisata di sekitaran Jalan Asia Afrika Bandung memang sangatlah beragam, sehingga akan memanjakan para pengunjung yang datang. Para pengunjung juga bisa memilih lokasi wisata yang sesuai dengan kesukaan atau keinginan.


Demikian ulasan singkat mengenai Jalan Asia Afrika Bandung dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

No comments:

Post a Comment