Monday, March 22, 2021

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat populer dan menjadi tempat wisata yang terkenal dengan kawah yang memiliki warna air yang putih. Pada dasarnya, air putih ditimbulkan dari adanya unsur lain dalam tanah yang sudah bercampur dengan belerang.


Lapisan dinding kawah ini memang terbilang cukup unik, karena pembentukan kawah ini berasal dari letusan gunung patuha. Pemandangan disekitaran kawah memang sangat indah, sehingga mampu mendatangkan banyak pengunjung yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.


Sejarah Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Berdasarkan sejarah, destinasi Wisata Kawah Putih Ciwidey terbentuk akibat adanya letusan gunung patuha yang terjadi pada abad ke 10 dan 12. Letusan memang terjadi sangat besar, sehingga mampu memberikan pengaruh terhadap lingkungan di sekitar gunung.


Letusan gunung patuha memang mampu menghadirkan atau menghasilkan beberapa kawah, namun yang paling populer adalah kawah putih. Awalnya, masyarakat sekitar kawah putih menganggap bahwa area kawah sangatlah angker dan tidak memiliki potensi wisata.


Pada tahun 1987, Franz Wilhelm Junghuhn yang merupakan seorang ahli geologi melakukan penelitian di gunung patuha dan setelah Franz sampai ke puncak gunung, lalu menemukan sebuah kawah yang indah dengan air yang berwarna putih.  


Kemudian pemerintahan Belanda menilah bahwa kawah putih memiliki potensi kapur yang sangat tinggi dan langsung membuat sebuah pabrik kapur yang diberi nama Zwavel Ontgining. Setelah Belanda tidak lagi berkuasa di Indonesia, lalu kepemilikan pabrik diambil alih pihak Jepang.


Ketika Indonesia sudah merdeka, maka pemerintah Indonesia mengelola kawah putih dan membangun berbagai fasilitas wisata. Jalur untuk akses jalan juga diperbaiki, sehingga membuat banyak wisatawan yang berkunjung.


Kegiatan Wisata Ciwidey Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Pengunjung yang datang ke kawah putih bisa merasakan sensasi berendam di pemandian air panas yang dihasilkan alami dari bumi. Dengan berendam, maka anda juga bisa merasakan dan mencium aroma belerang yang sangat menyengat.


Penelitian menyebutkan bahwa kandungan sulfur dari air belerang sangatlah baik untuk kesehatan kulit. Banyak juga makanan khas yang bisa anda coba disekitaran pemandian seperti wedang bandrek dan bajigur.


Anda yang berwisata ke Ciwidey Kawah Putih Bandung, tentu tidak ingin melupakan momen berfoto disekitaran kawah putih. Ada banyak sekali spot keren yang bisa anda pilih dengan background pemandangan alam yang keren dan alami.


Apabila anda ingin menghabiskan waktu berhari-hari di kawah putih, maka anda bisa menginap di sekitaran kawah putih. Ada banyak sekali penginapan yang tersedia, mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal.


Alamat dan Tiket Masuk Kawah Putih Bandung Ciwidey 

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Alamat Kawah Putih Ciwidey berada di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Akses jalan menuju kawah putih sudah sangat bagus, karena pengembangan akses jalan terus dilakukan oleh pihak pengelola tempat wisata. 


Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung untuk wisatawan domestik adalah Rp 25.000 per orang dan untuk wisatawan asing adalah Rp 75.000 per orang. Kawah putih dibuka setiap hari dari jam 07.00 sampai 17.00 wib.


Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey Bandung dan ingin mengunjunggi lokasi wisata lainnya di Ciwidey, maka anda bisa memanfaatkan Paket Wisata Ciwidey yang diberikan oleh BandungYuk. Dapatkan layanan terbaik dan berkualitas dari Tim BandungYuk.


Demikian bahasan lengkap mengenai Kawah Putih Ciwidey Bandung dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.


No comments:

Post a Comment