Tuesday, April 6, 2021

Ranca Upas Bandung

Ranca Upas Bandung

Ranca Upas Bandung merupakan salah satu tempat berkemah yang sangat populer di wilayah Jawa Barat. Ranca upas dibangun di area sekitar 215 hektar dan posisi ranca upas berada diatas 1700 meter diatas permukaan laut.


Suhu di area ranca upas sekitar 17°C sampai 20°C, sehingga berada disini perlu menggunakan jaket yang lumayan tebal. Area ranca upas juga dikelilingi oleh hutan lindung dengan beragam flora seperti Jamuju, Kurai, Puspa dan yang lainnya. Ada beberapa fasilitas dan wahana menarik yang bisa dirasakan di ranca upas.


Fasilitas dan Wahana di Ranca Upas Bandung


1. Penangkaran Rusa


Ranca Upas Bandung


Ranca upas memang terkenal sebagai Penangkaran Rusa Bandung terbaik yang memberikan nuansa hiburan dan liburan yang menyenangkan. Penangkaran rusa ditempatkan di dekat pintu masuk yaitu tepatnya disebelah kiri jalan.


Penangkaran rusa mulai diresmikan sejak tahun 1981 dengan mendatangkan tujuh ekor rusa sekaligus yaitu tiga rusa jantan dan 4 betina. Jenis rusa yang diambil adalah jenis rusa timor yang berasal dari kebun binatang ragunan.


Semua rusa yang ada di ranca upas memang sudah jinak, namun pengunjung tetap harus berhati-hati saat melakukan interaksi langsung dengan rusa. Pengunjung bisa memberi makan rusa dengan menggunakan wortel atau kankung yang bisa dibeli dengan harga 10 ribu per ikat.


Pada era kebiasaan baru akibat pandemi covid 19, para pengunjung yang datang diharapkan selalu menggunakan masker. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas untuk cuci tangan di area antrian sebelum masuk ke area ranca upas.


2. Area Camping


Ranca Upas Bandung


Ketika anda berkunjung ke ranca upas, tentu tak lengkap rasanya kalo tidak merasakan sensasi Camping Ranca Upas Bandung. Kapasitas area camping yang tersedia sangatlah luas, sehingga bisa menampung hingga 10 ribu orang.


Biaya untuk camping juga sangatlah terjangkau yaitu sekitar Rp 10.000 per orang dan untuk melakukan booking area untuk 40 orang sekitar Rp 500.000. Disini juga tersedia sewa tenda dengan harga yang bervariasi, tergantung dari kapasitas tendanya.


3. Kolam Renang Air Hangat


Ranca Upas Bandung


Kampung Cai Ranca Upas Bandung juga menyediakan fasilitas kolam renang air hangat yang bisa dinikmati oleh para keluarga. Air hangat alami yang mengalir ke kolam renang berasal dari Gunung Patuha yang terletak di kawasan Ciwidey.


Anda bisa menikmati kolam renang air hangat siang hari sampai dengan malam hari, karena kolam renang dibuka selama 24 jam. Tiket masuk untuk menikmati sensasi air hangat di kolam renang ini adalah sekitar Rp 15.000 per orang.


4. Wahana Outbound


Ranca Upas Bandung


Tempat Wisata Ranca Upas Bandung juga menyediakan wahana outbound yang sangat menarik untuk dicoba meliputi flying fox, paint ball, bungee trampoline dan masih banyak yang lainnya. Untuk merasakan wahana outbound, maka biaya tiket yang dikeluarkan sangatlah terjangkau.


Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM.11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung. Lokasinya terbilang sangat strategis, karena berada di kawasan wisata dan ranca upas juga terbuka untuk masyarakat umum.


Bagi anda yang ingin berkeliling Bandung dan merasakan berkunjung ke ranca upas, maka anda bisa memilih Paket Wisata Bandung yang disediakan oleh BandungYuk. Dapatkan layanan terbaik dan profesional dari Tim BandungYuk


Sekian bahasan lengkap mengenai Ranca Upas Bandung dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.


No comments:

Post a Comment