Tuesday, January 5, 2021

Jalan Braga Bandung


Jalan Braga Bandung menjadi salah satu kawasan yang menghadirkan banyak keistimewaan, sehingga cocok dijadikan tempat wisata yang menyenangkan. Wisata sejarah memang sangat kental terasa di kawasan Jalan Braga, karena masih banyak bangunan kuno yang berdiri dengan kokoh dan dilestarikan keberadaannya sampai sekarang.


Sekilas Tentang Jalan Braga Bandung


Jalan Braga merupakan jalan utama yang berada di Kota Bandung dan kawasan Braga sangatlah dikenal sejak lama, bahkan dari era pemerintahan hindia Belanda. Jalan Braga memang sangat identik dengan kota Bandung, sehingga menjadi salah satu jalan wisata yang ada di Bandung.


Jalan Braga menjadi nama jalan yang dianggap maskot dan banyak yang bilang sebagai Paris Van Java di Indonesia. Untuk berkunjung ke Jalan Braga sangatlah mudah, karena akses jalannya sudah bagus. Ketika anda berkunjung ke Jalan Braga, anda akan menemukan berbagai spot menarik yang keren untuk dikunjunggi.


Wisata Jalan Braga Bandung


Wisata di Braga memang didominasi dengan wisata kuliner dan wisata belanja. Braga City Walk atau One Stop Holiday menjadi kawasan yang dilengkapi dengan Favehotel, Cinema XXI dan Food Court. 


Hotel di Jalan Braga yang terkenal tidak hanya Favehotel, karena masih banyak hotel yang lainnya. Hotel populer di Jalan Braga seperti Ibis Styles, Gino Feruci, Residence Bandung dan Aston Hotel.


Kawasan Braga City Walk juga dihuni dengan berbagai bangunan kuno yang sering dijadikan tempat berfoto oleh para pengunjung. Jalan Braga akaan dipadati pengunjung pada saat musim liburan sekolah atau akhir pekan.


Wisata Kuliner Jalan Braga Bandung


Wisata Braga juga menghadirkan sajian kuliner yang sangat beragam dan berbagai jajanannya biasanya dijual secara murah meriah. Berbagai cafe di kawasan Jalan Braga juga terkenal dengan konsep yang keren, karena masih menggunakan bangunan kuno peninggalan kolonial Belanda.


Restoran Braga Punya Cerita menjadi restoran yang menyajikan berbagai sajian kuliner lokal yang sangat nikmat. Menu makanannya seperti Ikan Nila Cobek, Iga Bakar Nipon, Ayam Pedas dan Jengkol. Tak hanya itu, restoran juga menyediakan menu pasta dengan rasa yang nikmat.


Ada juga sebuah cafe yang miliki desain sangat unik, karena menyerupai bis bertingkat dengan warna biru yang keren. Cafe ini menyediakan berbagai menu nikmat seperti Sashlik Gedung Sate, Nasi Cumi Sasu BBQ, Steak Meat Lover Alun-alun, Nasi Ayam Binong, Steak Rib Eye Braga, Steak Tenderloin Merdeka, Steak Sirloin asia Afrika dan berbagai sajian lainnya.


Jalan Braga juga memiliki Cafe SugaRush yang bernuansa santai, sehingga sangat cocok untuk anda yang suka minum kopi. Sajian lain yang disediakan seperti Churros, Mango Cheesecake, Macaroon, Lion Pasta dan Pesto Pasta.


Wisata kuliner di Braga memang masih sangatlah banyak dan beragam pilihannya, sehingga bisa disesuaikan dengan selera.


Sejarah Jalan Braga Bandung 



Jalan Braga awalnya merupakan sebuah jalan kecil yang berada tepat di depan pemukiman warga dan awalnya dinamakan jalan culik, karena sangat rawan tindak penculikan. Sekitar tahun 1990-an, Jalan Braga juga terkenal dengan nama Jalan Pedati atau Pedatiweg.


Jalan Braga Bandung memang menjadi tempat para pengusaha asal Belanda menjual berbagai barang, sehingga sudah ramah sejak jaman dulu. Banyak pengusaha yang membuka toko dan bar di sekitaran Jalan Braga. Tak hanya itu, banyak juga yang membuka tempat hiburan malam.


Pada tahun 1930-an bermunculan berbagai butik atau toko pakaian yang menjual berbagai pakaian dengan mode khas Paris, karena kota Paris menjadi kiblat fashion pada jaman itu. Tak lama, dibangunlah berbagai gedung Societeit Concordia yang dipakai untuk mengadakan pertemuan antar warga Bandung.


Berbagai hotel dan gedung perkantoran mulai banyak dibangun di area Jalan Braga. Sisi negatifnya terlihat dari munculnya berbagai tempat hiburan malam dan warung remang-remang. Banyak sekali turis yang berkunjung dan sejak saat itulah muncul istilah Bandung sebagai kota kembang.


Itulah ulasan lengkap mengenai Jalan Braga Bandung dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.


No comments:

Post a Comment